Sejarah

Program Studi Statistika ITK resmi didirikan atas dasar Surat Keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 610/M/2020 pada tanggal 30 Juni 2020. Sebelumnya, statistika merupakan salah satu bidang minat yang ada di Program Studi Matematika. Namun seiring dengan perkembangan kondisi ITK dan menyesuaikan dengan kebutuhan jaman di era big data saat ini, di rasa perlu untuk menjadikan Statistika sebagai Program Studi tersendiri yang ada di lingkungan ITK. Program Studi Statistika berada di bawah Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi.

Di dalam Program Studi Statistika, akan dipelajari hal-hal yang berkaitan dengan data, mulai dari  teknik mengumpulkan data, mengolah, menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil yang diperoleh sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat. Selan itu, di Program Studi Statistika juga akan dipelajari metode-metode dalam memprediksi suatu kejadian di masa mendatang berdasarkan data yang tersedia, sebagai dasar pertimbangan dalam mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi dimasa datang.

Program Studi Statistika ITK berkomitmen untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang unggul dan terampil dalam menyelesaikan permasalahan statistik dan big data. Dalam mempersiapkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan, Program Studi Statistika ITK menyusun kurikulum pendidikan sedemikian rupa untuk membekali kemampuan mahasiswa di bidang manajemen data dan komputasi. Hal ini tentunya sangat selaras dengan kebutuhan dan perkembangan jaman di era big data dan teknologi. Oleh sebab itu, lulusan dari Program Studi Statistika sangat banyak diperlukan di dunia pekerjaan, baik dari sektor pemerintah, pendidikan, bisnis, dan industri.

Dalam proses belajar, mahasiswa akan didampingi oleh para dosen di lingkungan Program Studi Statistika dengan kualifikasi terbaik, lulusan dari Perguruan Tinggi unggul, baik di dalam maupun luar negeri, dengan predikat cumlaude (dengan pujian), sehingga sangat tidak diragukan lagi kemampuan dan kompetensinya dalam menguasai materi dan memberikan pengajaran dengan metode yang mudah dipahami oleh mahasiswa.