International Webinar: Hidden Markov Models: The Skeleton in the (Statistical Ecology) Cupboard

Webinar - 20 Mei 2022 - 12:00 AM

International Webinar: Hidden Markov Models: The Skeleton in the (Statistical Ecology) Cupboard

Program Studi Statistika ITK kembali menggelar Webinar yang sangat bermanfaat untuk menunjang penelitian para statistisi. Webinar yang diselenggarakan secara online pada tanggal 21 April 2022 ini mengangkat tema mengenai aplikasi model Markov untuk berbagai bidang penelitian, di antaranya ekologi, kesehatan, dan keuangan, khususnya penelitian yang melibatkan time series. Pemateri utama pada international webinar adalah prof. Ruth King, FLSW, FRSE dari University of Edinburgh, UK dan dimoderatori oleh Riki Herliansyah, S.Si., M.Stats.

Pada webinar ini dijelaskan  menganai tahapan implementasi model hidden Markov yang mencakup pendefinisian proses suatu sistem, proses observasi hingga mendapatkan formula umum likelihood.

Koordinator Program Studi Statistika, Irma Fitria, S.Si., M.Si. menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan webinar ini tidak hanya untuk berbagi ilmu, namun juga diharapkan bisa melanjutkan kerjasama dalam bidang pengajaran, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyarakat. “Harapan ke depan, Prodi Statistika ITK dapat melakukan join research dengan Universitas Edinburgh dan banyak alumni yang melanjutkan studi di sana”, tutur beliau.

[SP]

Video Terkait :